Mengenal Pengolah Kata
Posted by intrik on April 29,
2007
Pengolah kata adalah suatu program aplikasi yang
dirancang khusus dan mempunyai fungsi sebagai alat bantu untuk
pembuatan sebuah tulisan atau dokumen pada komputer. Kata-kata dan
kalimat tersebut dapat dibuat sesuai dengan keinginan kita, baik dari
jenis huruf, tata letak dan lainnya. Dahulu pengolah kata yang dikenal
dan banyak digunakan adalah “Wordstar” dan “WordPerfect”.
Saat ini, pengolah
kata yang banyak digunakan adalah “Microsoft Word” for windows mulai
dari versi word 3.X, word 6.0, word97, word2000 dan saat ini word XP.
Microsoft word for windows banyak digunakan karena sudah cukup lengkap
sebagai aplikasi pengolah kata dari pengetikan yang sederhana sampai
yang rumit. Selain itu juga versi dari Microsoft word yang ada selalu
kompatibel (dapat digunakan) dengan versi sebelumnya.
Cara
mengaktifkan Microsoft word for windows :
- Klik tombol Start
- Pilih menu Program
- Pilih Microsoft Office
- Klik Microsoft Word
- Baris Judul (Title bar)
Berguna memberi informasi aplikasi dan nama file (judul dokumen) yang sedang aktif. - Toolbar
Merupakan alat bantu mempersingkat berbagai perintah MS-Word for windows. Cukup dengan mengklik tombol yang diperlukan. - Menu bar (Baris Menu)
Berisi menu-menu utama dalam Microsoft Word yang terdiri dari 9 menu. Untuk mengaktifkannya dapat digunakan mouse atau dengan menekan ALT dan huruf yang diberi garis bawah.
Contoh untuk mengaktifkan menu file : tekan ALT dan F pada keyboard. - Status bar (Baris status)
Memberikan informasi letak kursor dan lainnya.
Cara
membuat dokumen baru :
- Pilih menu File
- Pilih New atau bisa juga dengan menekan tombol Ctrl + N
- Pilih tabulasi General, kemudian klik Blank Document
- Klik OK
Cara
menyimpan dokumen yang baru dibuat :
SUMBER : http://intrik.wordpress.com/2007/04/29/mengenal-pengolah-kata/
0 Response to "MENGENAL PENGOLAH KATA"
Posting Komentar